Selasa, 22 September 2009

Hetalia Axis Powers

Akhirnya template blog ganti lagi . Dan KEMBALI KE TEMPLATE AWAL. Huuft.. kalo tau gini mending ga usah ganti template aja deh... =_="

Kembali ke topik awal...

Kali ini saya akan membahas Hetalia Axis Powers atau ada juga yang bilang Axis Powers Hetalia (padahal sama aja, cuma digeser doang).

Well, ada yang males, bosen, atau apalah sama yang namanya pelajaran sejarah? Think again! Kalian harus baca manga satu ini, karena manga ini membahas tentang perang dunia pertama (1914-1918) dan ke dua (1939-1945). Tapi jangan buru-buru bilang bosen, soalnya di anime ini semuanya dibahas secara lucu dan lebih mudah dicerna (emang makanan). Setidaknya lebih baik dari pada melototin buku teks tebel dan otak malah meledak (penggambaran ini berlaku untuk saya ^^). Hidekaz Himaruya berhasil 'memelesetkan' sejarah dunia dengan membuat negara-negara yang terlibat perang menjadi karakter manga.

Cerita ini berawal dari Jerman yang cool menemukan kotak tomat yang berisi Italia yang bodoh. Parahnya, Italia mengaku tidak ada apa-apa di dalam kotak itu, hanya tomat saja. Semua rencana Jerman berantakan gara-gara Italia yang gila pasta. Saking gilanya, Italia membawa bahan-bahan untuk membuat pasta saat pergi berperang. Jerman pun berusaha memulangkan Italia, yang berakhir dengan kegagalan. Akhirnya Jerman menyerah dan membiarkan Italia yang terus menempel padanya.

Akhirnya Jerman melobi Jepang untuk menjadi sekutunya. Tapi Italia sama sekali tidak membantu Jerman. Ketika Jepang menjadi sekutu Jerman, perang semakin memanas.

Selain perang dunia, diceritakan juga Perang Revolusi Amerika (Amerika-Inggris 1775-1783) dalam flashback Amerika. Saat Amerika membersihkan gudang, ia menemukan serdadu mainan yang dulu diberikan Inggris. Lalu Amerika teringat saat ia masih diasuh oleh Inggris, dan saat dia memberontak dari Inggris. Ada juga segmen Power Rangers Allied Forces yang berfokus pada negara sekutu (Amerika, Inggris, Rusia, Perancis, dan China) dan Chibitalia yang menceritakan masa kecil Italia yang digambarkan dalam bentuk chibi.

Negara-negara yang terlibat perang:

1.Jerman (Ludwig)
Serius, agak pesimis, senang kebersihan dan melakukan semuanya berdasarkan buku. Sering stress kalau Italia mulai merengek padanya.

2.Italia Utara (Feliciano Vargas)
Bodoh, gila pasta, ceria, dan sangat manja pada Jerman. Sangat tergantung pada Jerman, tapi tidak pernah menuruti kata-kata Jerman.

3. Italia Selatan (Lovino Vargas)
Kakak Italia Utara. Jarang muncul sehingga Italia Utara saja yang dipanggil Italia, sedangkan Italia Selatan dipanggil Romano. Sama-sama pecinta wanita dan pasta, tapi lebih jutek.

4. Jepang (Honda Kiku)
Pendiam, serius, dan suka agak linglung. Cenderung introvert dan menarik diri.

5. Amerika (Alfred F. Jones)
Sedikit slengean, mau menang sendiri, idealis, dan selalu ingin jadi pahlawan dunia (seperti negara aslinya). Suka tidak bisa membaca situasi dan punya kebiasaan ngalor-ngidul tidak jelas.

6. Inggris (Arthur Kirkland)
Tipe keras kepala dan sarkastis. Berteman baik dengan peri dan hantu, juga sering mencoba ilmu hitam (yang sering diterapkan pada orang yang tidak disukainya). Dingin pada Amerika, takut pada Rusia, dan sangat sebal terhadap Perancis.

7. Rusia (Ivan Braginsky)
Tenang, kalem, murah senyum, dan agak kekanakan. Tapi Rusia adalah iblis dibalik wajahnya yang ramah. Senang mengintimidasi negara kecil bagian dari Uni Soviet (Estonia, Latvia, dan Lithuania) dengan senyumnya. Rusia adalah tipe pengamat dari jauh yang mengambil kesempatan dalam kesempitan.

8. Perancis ( Francis Bonnefoy)
Musuh besar Inggris. Lelaki flamboyan ini bermulut manis dan playboy. Tipe orang yang melakukan apapun sesuai keinginannya. Sering berkata bahwa bahasa Perancis adalah bahasa cinta.

Judul manga ini berasal dari kata hetare (tidak berguna, pemalas) dan Italia yang disingkat jadi Hetalia. Manga ini juga sudah diangkat ke layar kaca dalam bentuk anime.

So, kata siapa belajar sejarah itu ngga menarik?


Ganbatte minna-san!

1 komentar:

UK-Iggyrisu mengatakan...

YA! HETALIA IS THE BEST!!!!!!!! SAYA TAHU TENTANG SEJARAH DARI FILM ITU!!!
SEKALI NONTON EPISODE SATU, LANGSUNG KETAGIHAN DOWNLOAD LAGI!! SEKARANG UDAH DOWNLOAD SAMPE 60 LEBIH!!!!