Selasa, 03 Maret 2009

Candy Candy..udah basi tapi tetep di hati..


Hah,puitis banget tuh judul.Yah,bukan itu intinya sih.
Tau Candy Candy?ya pasti tau lah,masa ga tau.Tapi kalo ngga tau baca aja postingan ini....-hmmph,promosi mode:on-
Candy Candy adalah serial manga karya Kyoko Mizuki dan Yumiko Igarashi.Ceritanya,Candy adalah seorang gadis yatim piatu yang periang berambut pirang kepang dua dan juga dengan bintik-bintik di wajahnya. -hmmph,hampir mirip ma gw.Huahuahua...-
Berawal dari panti asuhan 'rumah pony' di dekat danau Michigan,Amerika Serikat dan diasuh oleh Ms.Pony dan Sister Lynne.Candy ditemukan Ms.Pony dan Sister Lynne di hari yang sama dengan bayi yang di beri nama Anne(Anny kalo di Indonesia).Mereka lalu menjadi sahabat akrab walopun si Anny lembut dan si Candy tomboy.
Suatu hari Candy mau di adopsi sama keluarga Brighton.Tapi digantikan oleh si Anny karena Candy tidak mau berpisah dengan Anny. -pada akhirnya sih pisah juga-.Awalnya sih mereka masih surat-suratan.Tapi terhenti karena orang tua Anny tidak suka.
Dengan sedih Candy pergi ke bukit Pony,tempat favoritnya.Ketika sedang menangis ada seorang pemuda berpakaian skotlandia yang bawa alat musik bagpipe dan berkata "gadis kecil,kamu lebih cantik saat tersenyum daripada ketika menangis".Lalu pemuda itu memainkan musik untuk Candy.
Saat Candy lengah ketika mengambil surat dari Anny,pemuda itu menghilang.Namun Candy menemukan bros bergambar elang dan tertera huruf A.Candy menyebut pemuda itu 'pangeran dari bukit' ato lebih singkatnya pangeran.
Ketika umur Candy 12 tahun,Candy diadopsi oleh keluarga Leagan untuk menemani Eliza.Tapi Candy malah diperlakukan seperti pembantu.Eliza dan Neil,kakak laki-lakinya suka menyiksa Candy.
Suatu hari Candy bertemu dengan tiga pemuda.Kakak beradik Archibald(Archie) dan Alistair Cornwell dan sepupu mereka Anthony Brown.Mereka itu sepupu Eliza dan Neil.Ketiganya tertarik pada Candy tapi Candy memilih Anthony karena mirip pangerannya.
Pada suatu hari Anthony terjatuh dari kuda ketika acara berburu rubah untuk pengenalan Candy sebagai anggota keluarga Ardlay.Nama adopsi Candy adalah Candice White Ardlay (tapi banyak berubah di banyak negara)
Eliza menyalahkan Candy atas kematian Anthony.Candy lalu kembali ke Rumah Pony.Namun Candy tidak lama di situ karena harus ke London untuk sekolah di Akademi St.Paul.Sekolah ini telah diatur oleh paman William,lelaki kaya yang menjadi pelindung Candy.
Dalam perjalanan menuju London Candy bertemu dengan seorang pemuda yang mirip dengan Anthony.Dia adalah Terry Grantchester.
Pada akhirnya di kemudian hari Candy akan menjadi perawat.Hwahaha...ngga jelas banget ya?
Okay,bagi yang baru tau cerita Candy n kedengerennya kok malah sama kayak Sinetron Candy di RCTI,emang,sinetron Candy itu kisahnya Candy Candy.
Tapi cerita pengarangnya ngga kalah seru.Kyoko Mizuki (penulis) dan Yumiko Igarashi (mangaka) berselisih.Ceritanya,pada awal tahun 90-an Yumiko pengen menguasai hak cipta Candy Candy.Dia membuat materi Candy Candy tanpa di ketahui oleh Mizuki dan Toei.Akhirnya sih ketahuan juga.Mizuki lalu menuntut Yumiko di pengadilan Tokyo tahun 1998.Mizuki pengen bahwa dia dan Yumiko mempunyai hak yang sama atas Candy Candy.
Tahun 1998 Candy Candy tidak tayang lagi.Tahun 1999 Pengadilan Tokyo memberikan hak yang sama atas Candy Candy.Yumiko ngga terima,trus banding tapi di tolak.
Sekarang tentang Kyoko Mizuki.Sebenernya Kyoko Mizuki sangat terpengaruh dengan Anne Shirley di Green Gables (bagi yang ga punya bukunya,kasian deh lu.Ceritanya bagus baget!) .Tokoh Candy di buat sama dengan Anne Shirley,yaitu yatim piatu,berkepang dua,dan berwajah bintik-bintik.Tapi Anne Shirley rambutnya merah lho ya.Mizuki sendiri juga yatim piatu.Dia menulis untuk meredakan kesedihannya atas orang tuanya.Oh ya,Mizuki menulis tiga buah novel Candy Candy.Tapi ngga terbit di luar Jepang.
Nah,giliran Yumiko Igarashi.Dia lahir pada 26 Agustus 1950 di Asahikawa,Hokkaido.Dan menetap di Sapporo,Hokkaido.Hahaha...cuma segini....
Ok,sekedar tambahan,di beberapa negara nama2 tokohnya banyak yang di ganti.Tapi gw ngga bisa sebutin semuanya.Udah panjang banget sih ni posting....
Sumbernya: buku Stories Behind Bestseller Manga.Oleh: Okita Kakimasu.


1 komentar:

Salary Dam mengatakan...

Aii ai aiiee, nostalgiaaa*ditampar*